Dahlan Iskan minta bank bentukan 3 BUMN turunkan bunga pensiun PNS


Menteri BUMN Dahlan Iskan meminta tiga BUMN yang membentuk bank joint venture bisa mengayomi para pensiunan di Indonesia. Bank Sinar Harapan Bali yang 'diadopsi' menjadi bank milik Bank Mandiri, PT Taspen dan PT Pos Indonesia diminta bisa menurunkan bunga simpanan pensiunan.
"Nasib pensiun bisa jadi lebih baik. Selama ini bunga dana pensiun yang lebih tinggi dari pesawat concord (pesawat berkecepatan tinggi). Jadi (saya harap) bisa menurunkan suku bunga untuk para pensiunan. Misi itu bisa tercapai dengan ini," ucap Dahlan di Kantor Pusat Mandiri, Jakarta, Senin (29/4).
Bank baru ini disebut akan mulai berdiri bulan depan. Di dalam bank ini porsi Bank Mandiri tetap mayoritas dengan kepemilikan saham PT Taspen dan PT Pos Indonesia masing-masing 20 persen. "Saya menghargai tim Mandiri mewujudkan hampir persis 3 bulan menyelesaikan masalah ini. Pasti suka dukanya tidak bisa tidur, 4 perusahaan pasti ruwet," jelas Dahlan.
Dahlan menceritakan kegalauannya ketika tiga BUMN tersebut berniat membentuk bank joint venture tersebut. Dahlan khawatir aksi korporasi ini bertentangan dengan hukum yang berlaku. Namun setelah beberapa kali dicek, pembentukan bank baru ini tidak bertentangan dengan aturan yang ada.
"Saya menghubungi dirut tiga BUMN tersebut dua kali. Saya minta form ini melanggar atau tidak, ada hukum dilanggar tidak. Katanya tidak. Dua minggu kemudian saya tanya lagi bener hukum tidak dilanggar, katanya tidak dan saya langsung bilang go-head," tutup dia.
[rin]

0 Response to "Dahlan Iskan minta bank bentukan 3 BUMN turunkan bunga pensiun PNS"

Post a Comment