Dahlan Iskan Bangga, PG Sudah Mulai Meraup Untung


Jakarta (kabarbumn.com) – Menteri BUMN Dahlan Iskan memuji kinerja beberapa pabrik gula (PG) BUMN. Hanya dalam waktu kurang lebih satu tahun setelah pembenahan besar-besaran, kini para PG tersebut telah tumbuh positif. Mereka mulai mencetak laba.
"Setelah pada 2011 yang pada umumnya merugi," katanya, Senin (6/5/2013), usai keliling ke pabrik gula yang ada di Jawa Timur, seperti  PG Olean, PG Panji, dan PG Asembagoess yang berada di Kabupaten Situbondo. Selain itu juga ke PG Prajekan di Kabupaten Bondowoso dan PG Kadaung di Kabupaten Pasuruan.
Berikut beberapa PG yang kinerjanya mulai membaik, setelah sekian lama menderita kerugian :
  1. PG Rejo Agung milik PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI). PG yang usianya sudah  puluhan tahun ini,  sebelumnya menderita rugi dengan kondisi sangat memprihatinkan. Bahkan pada 2011 PG Rejo Agung mengalami defisit Rp 4 miliar, namun pada tahun 2012 mencetak untung Rp 66 miliar.
Untuk kapasitas sendiri, pada 2011 kapasitas produksi di bawah 500 ton per tahun, kini sudah mencapai di atas 550 ton dengan tingkat rendemen menjadi 6,88 melonjak dari sebelumnya 6,3.
  1. PG Pagotan milik PTPN XI. Pada akhir 2012, bisa memproduksi gula sebanyak 29.000 dengan rendemen 7,62, melonjak dari produksi 19.000 ton dengan rendemen 6,8. PG ini membukukan laba bersih Rp 18 miliar, melonjak dari sebelumnya yang mengalami rugi Rp 15 miliar.
  1. PG Kanigoro yang juga milik PTPN XI. PG yang berdiri pada 1894 ini, sebelumnya rugi Rp 13,8 miliar dan pada tahun 2012 mulai untung sebesar Rp 25 juta. Tingkat produksi juga meningkat menjadi 10.000 ton dengan rendemen 7, dari sebelumnya 7.000 ton dengan rendemen 6,6.
  1. PG Wonolangan yang sudah untung Rp 26 miliar, PG Gending untung Rp 134 juta dari sebelumnya rugi Rp 9 miliar, dan PG Pajarakan dari rugi Rp 9,2 miliar 2011 menjadi untung Rp 4 miliar Rp 2012.
"Pabrik-pabrik gula ini kini layak dibanggakan baik dari sisi kebersihan, dan kinerja keuangan yang terus melonjak," tegas Dahlan. Menurut Dahlan, perubahan pola pikir SDM juga paling penting. Karena sebelum melakukan revitalisasi pabrik gula yang ada senantiasa merugi.
Para pekerja di PG sempat merasa terharu saat dikunjungi oleh Dahlan. Mereka sama sekali tak menyangka bakal dikunjungi menteri. Terlebih lagi, Dahlan tanpa canggung meladeni jabat tangan satu per satu buruh dan karyawan di pabrik gula itu. Kedatangan Dahlan pun menumbuhkan semangat di kalangan para pekerja pabrik gula untuk lebih giat lagi bekerja.
"Kami bangga bekerja di pabrik gula dan bertekad untuk bangkit dan berubah," ucap salah satu buruh. (Firman/mon)

0 Response to "Dahlan Iskan Bangga, PG Sudah Mulai Meraup Untung"

Post a Comment