Mobil Sport Listrik Baru Dahlan Iskan Sebentar Lagi Rampung


Liputan6.com, Jakarta : Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan memastikan produksi mobil listrik jenis sport yang diberi nama Selo bakal rampung pada tahun ini. 

"Kenapa harus menunggu tahun depan, tahun ini sebelum APEC harus jadi," kata dia saat ditemui di Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (2/5/2013). 

Saat ini, sambung Dahlan, tim pengembang mobil listrik Selo, Ricky Elson, tengah bekerja keras untuk menuntaskan mobil generasi kedua setelah Ahmadi dan Tucuxi. 

Mobil lain yang masuk generasi kedua adalah Arimbi, sejenis mini bus yang digunakan untuk KTT APEC tahun ini. Sedangkan pengembang bagi mobil Arimbi adalah Ricky Elson, Dasep Ahmadi dan Rafi Desay.

Dahlan mengaku, dirinya tidak ingin terlalu sering melongok pembuatan Selo dan Arimbi. Pasalnya dia tidak ingin mendesak para pengembang mobil listrik. 

"Saya tidak mau ganggu dulu. Kalau setiap minggu saya tengok, nanti dikira didesak dan ditekan, karena saya sudah tahu proses pembuatannya yang dulu (Tucuxi) dan memang harus sempurna," terangnya. 

Untuk pengembangan mobil listrik barunya ini, Dahlan sebelumnya mengungkapkan rela merogoh uang sebesar dari Rp 1,5 miliar, atau lebih murah dari mobil sport listrik Tucuxi yang mencapai Rp 3 miliar.

Selo akan menjadi mobil listrik yang sudah dilengkapi gear box dalam sistem transmisinya. Keberadaangear box ini bakal menjamin sietem keamanan bagi penggunananya. Meski diakuinya, gear box pada mobil tersebut dianggap tidak perlu dan akan menambah penggunaan energi pasalnya mobil listrik seharusnya menghemat energi. (Fik/Shd)

0 Response to "Mobil Sport Listrik Baru Dahlan Iskan Sebentar Lagi Rampung"

Post a Comment