Dahlan Iskan Minta PNM Kelola Dana CSR BUMN Kembangkan UKM

JAKARTA - Menteri BUMN Dahlan Iskan memberi tugas PT Permodalan Nasional Madani (Persero) untuk mengalokasikan dana Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) atau lebih dikenal Corporate Sosial Responsibility (CSR) 143 BUMN. Dalam pelaksanaannya PNM akan mengelola dana triliunan rupiah dari 143 BUMN yang ada disalurkan kedalam berbagai bentuk bantuan.
"Akan diserahkan ke lembaga yang bidangnya membina usaha kecil misalnya Permodalan Nasional Madani," ujar Dahlan Iskan di Menara Jamsostek, Kamis (2/5/2013).
Dahlan juga meminta agar seluruh BUMN bisa memberikan bantuan CSR/PKBL untuk mengembangkan usaha kecil menengah (UKM). Dengan begitu program CSR/PKBL bisa berjalan searah dengan kinerja BUMN yang ada. "Jangan sampai perusahaan BUMN tidak punya kemamapuan membina UKM dibebani membina UKM akhirnya kegagalannya 30 persen," ungkap Dahlan Iskan.
Alasan Dahlan Iskan memberikan PNM  mandat mengatur seluruh anggaran CSR/PKBL, agar 143 perusahaan BUMN bisa fokus dengan pekerjaan di bidangnya masing-masing.  "Jadi masing-masing bumn tidak disibukkan untuk mengelola bukan bidangnya," papar Dahlan.
Ketika dana CSR/PKBL digarap oleh PNM, Dahlan yakin PNM bisa ikut berkembang menjadi Grameen Bank ala Bangladesh. "PNM mampu, untuk menggulirkan, ini kalau berhasil bisa seperti Grameen Bank (Bank dari Bangladesh). Tujuannya membina usaha. Plafon pinjaman kecil," jelas Dahlan.

0 Response to "Dahlan Iskan Minta PNM Kelola Dana CSR BUMN Kembangkan UKM"

Post a Comment